Tuesday, April 26, 2011

75 Tahun, Bunga Terbau di Dunia Mekar Untuk Kali Pertama


Bagi ahli botani, tak ada yang lebih menggembirakan selain untuk menyaksikan bunga Titan Arum mekar dengan sempurna, setelah lama 75 tahun. Walaupun bau bunga itu sendiri sangat menyengat.

Di University of Basel, Swiss bunga Titan Arum ini mekar dengan sempurnanya. Tumbuhan dengan tinggi 8 kaki ini biasa hidup di hutan hujan tropis di wilayah Sumatera,Indonesia. Yang paling menarik, tumbuhan itu memiliki batang tanpa cabang serta terbesar di dunia. Rata-rata, Titan Arum berbunga sekali dalam satu dekade.

Titan Arum memang didambakan oleh para kolektor serta pecinta tanaman di seluruh dunia, karena pola mekar tumbuhan ini yang terbilang aneh. Titan Arum menghasilkan kelopak berukuran payung ber-diameter 3 s/d 4 kaki.

Selain itu, tumbuhan ini memiliki bau yang khas dan bisa terdeteksi hingga berjarak setengah mil jauhnya. Memang, bau itu merupakan daya tarik Titan Arum untuk mengundang lalat daging dan kumbang bangkai.

Saat tanaman siap untuk melakukan penyerbukan, batang Titan Arum ‘memanas’ dan melepaskan aroma tajam. Ini biasanya terjadi selama 3 hari lamanya.

Titan Arum sendiri ditemukan oleh Sir David Attenborough. Beliau memberikan nama asli tumbuhan itu Amorphophallus, mungkin karena bentuknya yang mirip alat kelamin pria.
Sumber Artikel ►

0 comments:

Post a Comment