Wednesday, June 15, 2011

Rembulan akan 'Berdarah ' Besok Pagi?


Tahukah anda?
Dini hari esok posisi bulan akan berada dalam umbra (bayangan Bumi), dan hal ini menyebabkan bulan mengalami gerhana. Saat itulah bulan akan terlihat ‘berdarah’.

Bulan akan berada di dalam umbra dini hari ini. Hal ini membuat bulan mengalami gerhana. Ungkap peneliti Senior Astronomi & Astrofisika dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Prof Dr Thomas Djamaluddin.

Menariknya, gerhana bulan kali ini akan membuat bulan tampak ‘berdarah’. “Proses bulan berwarna merah secara perlahan bisa dilihat mulai pukul 01.22 WIB di arah timur. Dominan warna merah bisa disaksikan pada pukul 02.22 WIB,” ujar pria yang akrab disapa Thomas itu.

Menurutnya, gerhana tak selalu membuat bulan berwarna merah. “Warna merah dipengaruhi kualitas udara, terutama jika kondisi atmosfer berdebu karena abu gunung api. Hal ini bisa membuat bulan berwarna merah."

Secara umum, gerhana yang membuat bulan berwarna merah atau hitam hanyalah kondisi biasa. Bagi Anda yang ingin melihat fenomena ini, Anda tak membutuhkan alat bantuan untuk bisa melihatnya.

"Namun, menggunakan teleskop atau teropong akan membuatnya lebih baik lagi," katanya.

Sudah mempersiapkan diri momen langka ini?

Penasaran?
Berikut contoh video fenomena bulan berubah 'berdarah' merah....

Sumber Artikel ►

0 comments:

Post a Comment